Wednesday, September 18, 2013

"Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi di Depok Melonjak"

Menjelang hari raya Idul Adha, harga daging sapi di pasaran mulai melonjak naik.  Berdasarkan pantauan depoknews.com Rabu (18/9/13)  di dua pasar yang berada di Kecamatan Cimanggis dan Tapos, yakni Pasar Tugu dan Pasar Sukatani harga daging mulai mengalami kenaikan.

Di Pasar Tugu, harga daging mulai beranjak dari kisaran Rp 80 ribu per Kilogram (Kg) menjadi Rp 90 ribu per kg. Sedangkan di Pasar Sukatani, harga daging yang pekan lalu Rp80 per kg kini mencapai Rp95ribu per kg. Padahal baru saja harga daging mulai stabil pasca Lebaran.

Salah satu pedagang daging di Pasar Tugu Burhan kenaikan harga ini memang kerap terjadi menjelang hari raya. Meskipun demikian, untuk Idul Adha biasanya harga daging sapi tidak akan melebihi harga saat menjelang Idul Fitri.

“Setiap tahun pasti seperti ini. Biasanya harga akan naik sampai H-1 lebaran haji. Setelah itu normal lagi,” katanya.

Burhan mengatakan, untuk tahun ini kenaikan ini imbasnya sangat dirasakannya. Itu lantaran hari raya Idul Adha ini waktunya sangat berdekatan dengan musim ajaran baru. Menurut dia, itu sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat yang menurun.

“Sekarang ini pasar sepi. Sedangkan harga daging naik. Makanya omzet pun turun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Tugu Nelson da Silva mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Pasalnya kenaikan daging sapi sendiri tidak akan terlalu berpengaruh besar terhadap roda perekonomian. Kondisi ini pun dinilainya wajar menjelang Idul Adha. Sebab produsen daging sapi atau peternak sapi cenderung menahan barang hidup-hidup untuk dijual sebagai hewan qurban.

“Tidak usah panik, memang produsen saat ini banyak yang menahan barang hidup-hidup dan dijual sebagai hewan qurban,” kata Nelson.

Sementara itu harga komoditi pasar lainnya tetap stabil sepeti daging ayam broiler berada di kisaran 30 – 40 ribu rupiah, telur ayam 18 -19 ribu rupiah.

No comments:

Post a Comment