Thursday, September 26, 2013

"Selalu Berkeringat Saat Tidur Malam? Kenali Penyebabnya!"

Saat udara sedang panas, berkeringat saat tidur mungkin adalah hal yang biasa terjadi. Tetapi bila terus-menerus mengalami keringat berlebihan saat tidur tidak dalam cuaca panas bisa disebabkan oleh banyak hal. Hati-hati kondisi ini bisa jadi tanda penyakit.

Yuk, kenali penyebab mengapa tubuh mengeluarkan keringat berlebih saat malam hari :
  • Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang berbeda-beda, salah satu efek samping mengkonsumsi obat-obatan adalah keringat berlebih di malam hari. Jenis obat-obatan seperti pil penenang, obat demam, dan juga obat diabetes bisa menyebabkan keringat berlebih pada malam hari. Sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan untuk meminimalisir efeknya.
  • Kadar gula darah yang rendah
Mendapati baju dan selimut basah oleh keringat saat bangun pagi dan kepala terasa berat bisa jadi pertanda kamu mengalami kadar gula darah yang rendah. Pada saat tidur kadar gula darah dalam tubuh akan turun. Saat cadangan gula dalam rendah tidak ada hal tersebut membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebihan.
  • Gejala penyakit kanker
Walaupun tidak selalu pasti, tapi berkeringat di malam hari adalah salah satu tanda gejala awal penyakit kanker. Salah satu jenis penyakit kanker limfoma atau kanker darah menyebabkan keringat berlebih di malam hari saat tidur. Sebaiknya segera periksa kedokter bila mendapati tubuh selalu mengeluarkan keringat berlebih di malam hari walaupun cuaca dingin.
  • Kelebihan hormon tiroid
Wah, ternyata kelebihan hormon tiroid bisa jadi salah satu penyebab tubuh berkeringat saat tidur kondisi ini dikenal sebagai hyperthyroidism. Hyperthyroidism bisa memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat berlebih. Akibatnya tubuh akan mengeleluarkan keringat berlebih saat malam hari.

Nah, bila berkeringat di malam hari masih dalam kategori kewajaran mungkin hal ini disebabkan oleh cuaca yang memang sedang panas. Sehingga tubuh berkeringat untuk mendinginkan suhu tubuh. Tapi, bila terus menerus mendapat tubuh berkeringat secara belerbihan di malam hari, segera kenali penyebabnya dan konsultasikan pada dokter ahlinya.
 

No comments:

Post a Comment