Wednesday, September 25, 2013

"Jelang Idul Adha Harga Hewan Kurban Di Depok Naik"

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Depok belum bisa memprediksikan  jumlah hewan kurban yang ada di Depok. Hal ini dikatakan Abdul Haris selaku Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok saat ditemui di Kantor Distankan, Rabu (25/9/2013).

Dia mengatakan bahwa kenaikan harga hewan kurban tidak bisa dipungkiri, karena pengaruh naiknya harga BBM. Pada tahun 2011 hewan kurban di Depok tercatat 7.420 ekor dan tahun 2012 naik menjadi 10.977 ekor.

” Jika melihat pengalaman tahun-tahun lalu, tiap tahun pasti bertambah. Namun untuk tahun ini dengan naiknya harga hewan, kita belum bisa memprediksi, ” ujar mantan Kadisnakersos ini menjelaskan.

Pedagang hewan kurban mulai menjajakan hewan dagangannya menjelang Idul Adha 1435 Hijriah. Seperti yang terlihat di jalan Kelapa Dua Depok, ada sekitar tiga lapak pedagang yang menjajakan sapi dan juga kambing untuk kurban.

H. Syaefudin, salah satu pemilik lapak di Kelapa Dua mengatakan bahwa saat ini harga sapi berkisar dari 11 sampai 16 juta. Tahun ini adalah kenaikan harga yang paling tinggi dari sebelumnya.

“Setiap tahun memang selalu naik harganya, namun tahun ini kenaikan mencapai 20 persen,” ujar pemilik lapak Pasar Hewan Qurban ini.

Untuk sapi putih yang memiliki bobot 250-300 kg berbandrol sekitar 14-16 juta. Sementara itu sapi limousine yang berbobot 300-350 kg memiliki harga yang paling tinggi, yaitu 15-18 juta. Kenaikan harga tersebut dikarenakan melonjaknya harga distribusi yang juga dipengaruhi naiknya harga BBM.

Namun menurutnya, hal tersebut tidak akan membuat lapaknya sepi peminat.

“Untuk saat ini masih belum terlalu ramai pembeli, biasanya dua minggu sebelum hari H baru ramai pembeli,” ujarnya. 
 

No comments:

Post a Comment