Thursday, September 26, 2013

"Pedagang Hewan Kurban di Depok Mulai Bermunculan"

Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah tinggal tiga pekan kedepan. Pedagang hewan kurban musiman mulai marak di sejumlah wilayah di pinggiran jalan raya di Depok.
Seperti di sepanjang jalur Depok – Citayam. Selasa, (24/9/13) sudah mulai terlihat lapak (kandang dadakan) yang beratapkan terpal  berdingdingkan bambu seadanya.

Salah satu pedagang, Sumadi mengatakan setiap Idul Adha menjelang Ia rutin untuk membuka lapak di jalan raya Citayam tepatnya Bojong Pondok Terong. Dua pekan berjualan dipinggir jalan itu Ia sudah menjual sepuluh ekor kambing .

Menurutnya, kambing  yang Dia jual hasil ternak sendiri  dengan harapan mendapat untung yang maksimal.

“Kalau masalah harga standar aja,” ujranya kepada depoknews.com yang menyambangi tempat Ia menjajakan hewan kurban.

Selain itu, pedagang hewan kurban juga terlihat  di jalur Depok- Jembatan Serong – Citayam.

Firman, salah satu pedagang di wilayah itu mengaku dirinya sudah dua hari membuka lapak. Dia menjual Sapi dan kambing yang di pasok dari wilayah Jawa dan Bali. Selain itu sebagian dari hewan hasil pengembangan ternak Amal Hasanah (Bogor) bekerja sama dengan LSM Lumbung Umat.

Menurutnya, harga  sapi yang Ia jual dengan kisaran Rp. 12,5 juta sampai Rp.20 juta,  dengan berat perekor antara   200 sampai 400 kg,  sedangkan kambing Rp 1,5 juta sampai Rp 4 juta  dengan berat 20-50 kg.

“Tahun lalu saya bisa menjual  70 ekor sapi dan 500 ekor kambing di dua tempat omzet antara 70 -80 persen, mudah-mudahan tahun ini naik,” harapnya.

No comments:

Post a Comment