Wednesday, September 25, 2013

"Walikota Depok Terima Penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan"

Kota Depok ditunjuk menjadi salah satu daerah yang masyarakatnya sadar hukum cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan pemberian penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, kemarin (24/9/2013) di Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat. Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin kepada Walikota Depok yang diterima Asisten Tata Praja Drs. Sayid Cholid disaksikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dari Kementerian Hukum dan HAM diberikan kepada Walikota Depok karena dinilai berhasil membina dan mengembangkan daerahnya menjadi kelurahan sadar hukum.

Amir  Syamsuddin menetapkan 32 kelurahan/desa sebagai kelurahan/desa sadar hukum dari 18 kabupaten/kota se-Jawa Barat yang mengusulkan. Kelurahan Sukamaju Baru dari Kecamatan Tapos ditetapkan sebagai kelurahan sadar hukum dalam wilayah Kota Depok dan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menkumham.

Penetapan Kelurahan Sukamaju Baru Kecamatan Tapos sebagai kelurahan sadar hukum dengan dasar kualifikasi karena kelurahan tersebut telah memenuhi ketentuan diantaranya relatif tidak ada tindak kriminal, tidak ada perkawinan diluar ketentuan yang berlaku, tidak ada beredar narkotik serta kesadaran warga membayar pajak di atas 90 %.

Sementara itu, Kasubag  Advokasi Hukum Salviadona Tri P, SH, MM meminta bahwa dengan penyerahan penghargaan tersebut agar warga kelurahan Sadar Hukum yang telah ditetapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat untuk taat hukum dan lebih memiliki komitmen untuk meningkatkan apa yang sudah dicapai.

Secara terpisah dilakukan juga penandatanganan MoU Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jawa Barat dengan Wakil Walikota Depok tentang menuju kabupaten/kota peduli HAM   dan juga MoU bersama antara Walikota Depok dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jawa Barat terkait Penyusunan dan Harmonisasi Produk Hukum Daerah yang disaksikan Bagian Hukum Setda Kota Depok dan Kantor  Kesbangpol Kota Depok.
 

No comments:

Post a Comment