Friday, September 27, 2013

"XL dan STC Tandatangani Perjanjian Akuisisi AXIS Senilai USD 865 Juta"

PT XL Axiata Tbk (XL) sepakat untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS), melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement - CSPA) dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment B.V. (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC.
Menurut XL, aksi korporasi ini diharapkan dapat mendorong konsolidasi yang akan mendukung pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia yang lebih sehat secara jangka panjang serta mampu untuk memberikan kualitas layanan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan. Dengan akuisisi ini, pelanggan akan mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik termasuk kapasitas dan cakupan jaringan yang lebih luas.

Dalam transaksi ini, XL akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari hutang dan kewajiban AXIS. Kesepakatan ini meliputi Teleglobal akan menjual 95% saham di AXIS kepada XL, sementara 100% nilai perusahaan AXIS dinilai sebesar USD 865 juta (sekitar lebih dari Rp 9,5 triliun), dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free), dan Harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham AXIS serta membayar hutang dan kewajiban AXIS.

Penyelesaian transaksi akan dilakukan setelah diperolehnya persetujuan dari instansi pemerintah terkait, persetujuan pemegang saham XL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), dan tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.

"Dengan akuisisi AXIS (layanannya diluncurkan pada April 2008 dan saat ini terdapat di pulau-pulau besar di Indonesia), XL akan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu operator terdepan di industri sekaligus memperkuat kepemimpinannya di layanan data mobile," kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL melalui keterangan resminya.

No comments:

Post a Comment