Wednesday, September 25, 2013

"Kopi dapat sembuhkan gangguan di mata"

Masalah mata yang ringan namun kerap kali dialami adalah mata kering. Saat berada diluar ruangan cuaca kering dan polusi udara bisa menyebabkan mata kering. Terlalu lama berada di depan komputer juga dapat membuat mata kering dan gatal. Sindrom ini juga kerap menyerang orang yang telah berusia lanjut.

Seperti dilansir dari Genius Beauty tanda-tanda sindrom mata kering ini berupa mata gatal, nyeri dan terasa berat. Salah satu cara yang dapat membantu mengatasi masalah mata satu ini dengan cara minum kopi. Kopi jika tidak dikonsumsi secara berlebihan bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Kafein yang terkandung dalam kopi tidak hanya dapat meransang produksi cairan tubuh seperti air liur dan asam lambung, tapi juga bisa merangsang kelenjar air mata. Hal ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh School of Medicine, University of Tokyo.

Dengan melakukan penelitian terhadap 78 orang berusia lanjut yang rentan mengalami sindrom mata kering. Kemudian dibagi kedalam 2 kelompok. Kemudian para relawan diminta untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan dan juga kafein selama 6 hari.

Setelah itu kelompok pertama meminum kopi yang mengandung kafein kemudian baru meminum pil placebo, kemudian keompok kedua meminum pil placebo dahulu baru meminum kopi. Setelah 45 menit para dokter mengukur kelenjar air mata. Kelompok yang meminum kopi terlebih dahulu memiliki resiko lebih rendah terkena sindrom mata kering dibandingkan yang meminum obat terlebih dahulu dengan perbandingan 13 : 17persen.

Para ahli juga menyatakan bahwa mengatasi mata kering dengan minum kopi sama efektifnya dengan memberikan tetes mata untuk mata kering. Nah, berarti saat terlalu lama berada di depan layar monitor, sambil meminum kopi bisa mencegah mata kering loh!
 

No comments:

Post a Comment