Friday, September 27, 2013

"Raih Penghargaan Anubhawa Sasana, Lurah Sukamaju Baru Bangga"

Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos awal pekan lalu meraih penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan, atau Kelurahan Sadar Hukum tingkat provinsi Jawa Barat. Penghargaan itu pun langsung diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin. Dari 18 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat ditetapkan 32 Kelurahan/Desa yang meraih gelar ini, salah satunya Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos. 

Tak ayal prestasi itu pun membuat bangga warga Sukamaju Baru. Salah satunya Vicky warga Jalan Bhakti Abri Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos dia mengapresiasi raihan tersebut.

“Selamat buat Kelurahan Sukamaju Baru atas prestasinya. Tapi jangan sampai terlena dengan prestasi ini, kalau bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Sukamaju Baru Ahmad Drajat mengaku sebelumnya tidak menyangka bahwa Kelurahan yang dipimpinnya didaulat meraih gelar Kelurahan Sadar Hukum mewakili Kota Depok. Sebab penilaian sendiri di antaranya dilakukan oleh Polsek Cimanggis dan Kantor Urusan Agama (KUA) Cimanggis.

“Kami benar-benar tidak menyangka, namun kami merasa sangat bangga atas penghargaan ini,” kata dia Kamis (26/9/13).

Lebih lanjut dikatakan Drajat, unsur-unsur yang dijadikan kriteria penilaian antara lain minimnya tindak kejahatan, tidak ada perkawinan di bawah umur atau di luar ketentuan dan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di atas 90 persen.

Untuk realisasi PBB Drajat mengatakan pihaknya selalu menggenjot warga untuk melunasi PBB. Bahkan, setiap melakukan pelayanan warga diwajibkan menyertaka fotokopi bukti pelunasan PBB. Menurut Drajat strategi itu sudah diterapkan hampir setahun belakangan. Dirinya berharap untuk ke depan hal ini terus ditingkatkan agar prestasi yang telah dicapai tidak melorot.

Demi menjaga prestasi yang telah diraih, dia juga mengimbau kepada warga untuk terus menjaga Keamanan, Kebersihan dan Ketertiban (K3) di lingkungan masing-masing. Tujuannya, tak lain supaya wilayah yang dipimpinnya ini semakin kondusif.

“Selain kembali menggiatkan siskamling, demi menjaga K3 kami juga akan selalu berkoordinasi dan bersinergi bersama babinsa dan babinkamtibma,” jelasnya.

Terpisah, Camat Tapos Muchsin Mawardi mengucapkan selamat serta apresiasi tinggi kepada Kelurahan Sukamaju Baru atas pencapaian ini. Gelar ini, kata dia merupakan perwujudan komitmen sadar hukum yang dijalankan dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat yang ada.

Muchsin yang juga merupakan warga Kelurahan Sukamaju Baru berharap penghargaan ini dapat melecut kesadaran warga untuk lebih mematuhi ketentuan hukum dan perundang-undangan yang ada. Sehingga wilayah Sukamaju Baru dapat mewujudkan tatanan masyarakat yang tertib dan kondusif dalam koridor hukum yang berkeadilan.

“Semoga prestasi ini dapat ditiru oleh Kelurahan lainnya. Sehingga tercipta lingkungan yang nyaman dan kondusif,” katanya.
 

No comments:

Post a Comment