Wednesday, September 25, 2013

"Sampah Menggunung di TPS RW 02 Tugu Akhirnya Diangkut DKP"

Menanggapi keluhan warga di RW 02 Kelurahan Tugu, Cimanggis mengenai gundukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) wilayah mereka yang tak kunjung diangkut, akhirnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok mengerahkan armadanya untuk mengangkut habis sampah di TPS itu, Selasa (24/9/13).

Ketua RW 02 Slamet Widodo menuturkan sebelumnya DKP ingkar janji.

Pasalnya mulanya DKP berjanji akan rutin mengangkut sampah di tempat itu seminggu dua kali. Namun kenyataannya, sampah hanya diangkut seminggu sekali. Bahkan yang sampah yang semestinya dijadwalkan diangkut setiap selasa dan sabtu justru hanya dilakukan setiap kamis.

Dirinya pun sudah berulang kali melaporkan hal ini kepada DKP namun tak kunjung ada aksi hingga kemarin. “Saya sudah sampai berbusa ngomong ke DKP. Lambat sekali prosesnya,” ungkapnya.

Ketua Karang  Taruna Kelurahan Tugu Ferry Saputro yang juga warga RW 02 menambahkan tumpukan sampah itu bahkan acap kali meluber hingga ke jalan. Itu dikarenakan pembuang sampah di tempat itu tak hanya warga RW 02 saja tapi juga para pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Bogor.

Tak hanya itu, pengangkutan sampah pun kerap kali tidak tuntas sehingga lama kelamaan volume sampah makin tak terbendung.

“Kadang juga waktu mengangkut sampah di sini sudah lebih dulu ada isinya. Jadi mengangkutnya pun tidak tuntas,” ungkapny.

Sementara itu Koordinator Kecamatan Cimanggis DKP Kota Depok yang memimpin langsung pengangkutan tersebut, Yanto menuturkan pengangkutan sampah hari itu menggunakan sembilan unit armada truk. Pengangkutan sampah itupun dilakukan hingga sampah benar-benar habis di TPS tersebut.

“Kali ini untuk menghabiskan sampah kami membawa Sembilan truk,” ujarnya.

Pada kesempatan itu dia juga berjanji akan rutin mengangkut sampah di TPS itu seminggu dua kali sesuai perjanjian. Sebelumnya dia mengaku kerap tak mampu kewalahan karena keberadaan armada yng terbatas.

“Armada kita ini untuk wilayah CImanggis ada delapan. Kadang cukup kewalahan dalam mengangkut sampah. Tapi ke depannya kami siap rutin seminggu dua kali tiap selasa dan sabtu mengangkut sampah di sini,” jelasnya.

No comments:

Post a Comment