Friday, September 27, 2013

"Hati-hati 4 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Sebabkan Nyeri Punggung!"

Kesehatan selalu rekat dengan gaya hidup. Tanpa disadari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan adalah nyeri punggung. Rasa sakit pada punggung memang hal kecil yang bisa diatasi namun, lambat laun rasa sakit punggung ini bisa menyiksa. 

Ternyata kebiasaan sehari-hari dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung. Inilah 4 kebiasaan sehari-hari yang menimbulkan rasa sakit pada punggung yang dikutip dari Genius Beauty :
  • Pakai high heels
Menggunakan high heels terlalu sering dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung dan lutut akibat dari perubahan sudut tubuh. Keadaan tumit yang menjinjit memberikan tekanan dan bisa membuat tulang punggung tidak sejajar atau melengkung karena high heel membuat massa tubuh condong ke depan.
  • Bermain gadget
Gadget memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Efek samping dari terlalu sering bermain gadget adalah nyeri timbulnya nyeri pada punggung yang diakibatkan oleh posisi tubuh saat bermain gadget. Terus menerus melihat layar gadget  bisa membuat otot leher tegang dan kepala menunduk miring dan tubuh membungkuk yang bisa menyebabkan nyeri punggung.
  • Duduk di depan komputer
Terlalu lama duduk di depan komputer adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan nyeri pada tulang belakang. Para ahli kesehatan menganjurkan setidaknya berdiri  minimal selama 2 menit setelah berada di depan komputer selama 1 jam. Saat berada di depan komputer posisi usahakan posisi duduk senyaman mungkin untuk menghidari otot punggung tegang yang berakibat pada nyeri punggung.
  • Pakai bra yang salah
Nyeri punggung dan leher bisa terjadi akibat salah memakai bra. Hal ini disebabkan karena bahu dan payudara tidak disangga dengan baik yang mengakibatkan posisi tulang belakang tertarik, melengkung sehingga saraf punggung tertekan.

No comments:

Post a Comment