Monday, September 23, 2013

"MPL Kelurahan Tugu Berantas Sampah di Tugu Raya"

Guna memberangi sampah liar di seputar Jalan Tugu Raya Kelurahan Tugu, Cimanggis, stakeholder di Kelurahan tersebut menggelar kerja bakti, Sabtu (21/9/13).

Kegiatan  itu diikuti oleh puluhan warga yang terdiri dari unsur Kelurahan, Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL), Communitas Motor Santai Kelurahan Tugu (Com1), FKPM, Karang Taruna serta masyarakat setempat. Turut Hadir dalam kesempatan itu Lurah Tugu Suryana Yusup, Ketua MPL S Riyanto, dan Ketua Com1 Tarmin Joyono.

Bersih-bersih itu dimulai dengan pengangkatan sampah liar yang berada di lingkungan RT 10/10 yang meresahkan warga. Sampah itu pun langsung diangkut menggunakan satu unit truk dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok.

Usai dibersihkan tempat itu pun dipagar dan diberikan papan pengumuman bernada ancaman bagi warga yang tetap membuang sampah di situ. Pembersihan saluran air dan pemangkasan rumput liar pun tak luput dibersihkan.

Usai acara Suryana Yusup mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan itu, terutama kepada MPL, Com1 dan Karang Taruna. Dia berharap setelah ini masyarakat akan sadar bahwa membuang sampah sembarangan merupakan tindakan yang melanggar hukum.

“Mari kita jaga K3 (Kebersihan, keindahan dan ketertiban) terutama dimulai dari lingkungan kita sendiri. Kegiatan ini adalah contoh yang bisa diterapkan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu S Riyanto menuturkan bahwa sampah liar memang harus diperangi. Caranya dengan mulai memilih dan memilah sampah dari lingkup rumah tangga. Sehingga sampah yang dibuang pun secara otomatis akan berkurang. Sebab dia meyakini minimal 70 persen sampah rumah tangga masih bisa dimanfaatkan.

Pada kesempatan itu dia juga menegaskan pihaknya siap melakukan pengawasan terhadap tempat pembuangan sampah liar itu pasca dibersihkan dengan mengadakan patrol sampah. Tentunya, sambungnya dengan bantuan dari seluruh elemen masyarakat.

“Kita siap awasi dengan melakukan patroli  sampah yang sifatnya inspeksi mendadak. Diharapkan pembuang sampah yang masih membandel itu akan tertangkap sehingga ada efek jera di masyarakat,” ungkapnya.
 

No comments:

Post a Comment