Monday, September 23, 2013

"Lulus SMK? Masuk Politeknik Aja!"

Siapa bilang lulusan SMK enggak punya peluang kuliah? Itu salah besar.
Lulusan SMK bisa, kok, melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Salah satunya melalui politeknik. Kelebihan memilih politeknik bagi lulusan SMK adalah ilmunya yang linear. Sehingga, lulusan SMK enggak perlu bersusah payah lagi belajar sesuatu dari awal karena sudah memiliki dasar-dasarnya.

Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Abdillah mengatakan, lulusan SMK yang sudah terampil, akan makin terasah bakatnya jika masuk ke Politeknik dengan jurusan yang sama atau linear.

"Memang kalau bahan yang masuk ke politeknik akan lebih mudah jika sudah dipelajari di SMK," ujar Abdillah.

Abdillah menyesalkan jika lulusan SMK saat masuk ke politeknik dengan jurusan yang berbeda. Semestinya, kata dia, jurusan yang linear justru akan lebih fokus dan tidak mengulang atau mempelajari ilmu lainnya lagi.

"Bisa memasukan potensi yang dibina, kalau tidak linear atau jurusannya misalnya di SMK adalah teknik mesin, lalu masuk ke Politeknik jadi akuntansi, kan jadi mengulang lagi," tegasnya.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Anang Cahyono mengatakan lulusan SMK tentu harus lebih unggul dan siap, apalagi Indonesia akan menghadapi AFTA 2015.

"Selain beasiswa, kami juga menyalurkan lulusan SMK untuk berwirausaha, dan melanjutkan studinya, karena kan di perguruan tinggi ada vokasi, akademi, dan profesi. Kalau SMK kami fasilitasi untuk masuk vokasi seperti politeknik," tutur Anang.


No comments:

Post a Comment