Monday, September 16, 2013

"Icip-Icip Kuliner Warisan Nusantara di “Pondok Aceh” Kelapa Dua, Depok"

Kamu penggemar makanan nusantara? Kalau ya, berarti wajib mampir ke Pondok Aceh! Wisata kuliner hidangan khas Aceh memang banyak kita jumpai dengan mudah di berbagai tempat di Depok. Eiiitss....tapi yang satu ini beda guys! Warung makan ini memiliki sajian mi Aceh yang rasanya dijamin takkan terlupakan. Berawal dari resep turun-temurun keluarga, mi di Pondok Aceh dibuat sendiri oleh pemiliknya, Novie Chandra, mi dijamin sehat dan bebas pengawet. Tekstur mi yang lembut, kenyal, dan gurih diramu dengan bumbu rempah asli Indonesia. “Ini bumbunya saya bikin persis seperti yang di Aceh.
Rempah-rempahnya ada 27 macam, itu nggak bakalan beda dan rasanya dijamin enak,“ kata Novie. Cabainya pun khusus, cabai dijemur dulu setelah kering lalu digiling, jadi pedasnya benar-benar mantap.

Ada 25 macam varian makanan dan minuman tersedia di Pondok Aceh. Kami berkesempatan mencoba salah satu menu andalan, yaitu mi Aceh goreng udang yang disajikan dengan acar bawang merah, jeruk nipis, emping, dan irisan timun.
Hmmm...yummy! Nampaknya tidak berlebihan kalau mi Aceh di sini tidak kalah dengan yang ada di restoran terkenal. Nggak hanya mi Aceh goreng, tapi ada juga yang direbus.
Untuk merasakan rasa yang unik dan menggugah selera, kita hanya cukup merogoh kocek Rp10.000 sampai Rp20.000 saja. Wow, murah banget! Pas juga buat kantong mahasiswa.
Selain mi Aceh, di warung ini kita juga bisa nyobain macam-macam Nasi Aceh dengan campuran daging sapi, kambing, udang, atau seafood lengkap (udang + cumi-cumi).

Kulineran ke sini nggak lengkap rasanya nih kalau kita belum cicipin roti cane. Makanan khas Aceh yang konon berasal dari India ini juga merupakan menu yang paling dicari di Pondok Aceh. Rasanya pun bermacam-macam, mulai dari variasi dengan gulai ayam dan sapi hingga variasi dengan keju mulai dari harga Rp8.000. Saat tim kami mencoba roti cane gula susu, rasa yang dihidangkan begitu renyah dan menggigit, ada gurih mentega berpadu dengan rasa manis. Di sini, kalian juga bisa merasakan yang namanya martabak Aceh dan kue thimpan. Kue thimpan adalah kue khas Aceh yang terbuat dari ketan diisi srikaya berbalut daun pisang muda. Cuma di sini lho yang ada kue thimpan, karena susah banget ditemui kecuali pas lebaran. Setelah makan, tim kami menutup dengan minuman khas, yaitu es timun dan teh tarik yang rasanya beda banget. Teh yang dipakai bukan teh biasa, tapi teh Sumatera.
 
Tertarik mencoba? Pondok Aceh buka setiap hari mulai dari jam dua belas siang hingga jam dua malam. Warung ini tergolong ramai pas week day dan lebih ramai lagi di malam minggu. Cocok banget mampir ke sini waktu break kuliah, lapar abis macet-macetan pas pulang kerja atau galau karena #LaperTengahMalem. Letaknya pun mudah dijangkau, ada di Jalan Akses UI, tepatnya di depan pura Kelapa Dua, Depok. Pondok Aceh juga menerima pesanan makanan lain khas Aceh untuk acara pernikahan atau event lainnya dengan harga terjangkau. Setelah mencoba, dijamin rasanya akan melekat di lidah. Yuk mampir ke Pondok Aceh!


Nama warung : Pondok Aceh
Alamat : Jl. Akses UI, Kelapa Dua Depok (depan Pura)
Kisaran harga     : Rp3.000-Rp20.000
Jam operasional : Pk. 14.00 – Pk. 02.00
Telepon : 0817 6488 766 atau 021 932 359 66
Twitter              : @PondokAceh

No comments:

Post a Comment