Tuesday, October 8, 2013

Uji Publik, FISIP UI Pilih Pemimpin

Universitas Indonesia (UI) tengah disibukkan untuk memilih sejumlah dekan di tiap fakultas. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI pun hari ini menggelar Uji Publik terhadap calon tetap dekan FISIP UI periode 2013-2017.
Sedikitnya terdapat tujuh calon yang maju dalam ajang tersebut. Mereka adalah Pinckey Triputra, Chusnul Mariyah, Fredy B.L.T, Bagus Aryo, Arie S Soesilo, Zainuddin Djafar dan Jajang Gunawan.

Ketujuh calon ini diuji oleh tiga orang panelis, salah satunya praktisi media Bambang Harimurti. Uji publik tersebut digelar secara live streaming di website UI dan bisa disimak di seluruh dunia.

Wakil Rektor UI Bambang Wibawarta menegaskan, pemilihan Dekan FISIP bukan hanya mencari seorang pemimpin yang mengetahui FISIP secara fakultas, tetapi juga harus mengetahui fakultas secara keseluruhan. Bambang menegaskan ajang pemilihan tersebut murni akademik dan bebas dari titipan.

"Pasti independen, ini murni akademik, demi kemajuan akademik, murni fakultas," tegas Bambang, di AJB Juwono Sudarsono FISIP UI, Selasa (8/10/2013).

Bambang menambahkan, FISIP UI mencari pemimpin yang mengetahui dan memahami pengelolaan UI dan Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Bagaimana FISIP bisa memilih orang yang komprehensif dengan sistem perundang-undangan terbaik, sehingga inovasi dan hal yang baru terus berkembang, tak menabrak koridor ketentuan.

"Tentu kalau ditanya mana yang lebih unggul, kreativitas, kita tak bisa generalisasi. Kami mencari sosok yang memahami UI tahu terhadap data di FISIP dan UI, mau di bawa ke mana FISIP ini," imbuhnya.


No comments:

Post a Comment