Tuesday, October 8, 2013

300 Pekerja Pabrik di Depok Santap Menu One Day No Rice

Gagasan Wali Kota Depok mempelopori program Sehari Tanpa Nasi atau One Day No Rice diikuti sejumlah pengusaha kuliner. Selain itu, sebuah pabrik terkemuka bergerak di bidang obat - obatan yakni PT Medifarma Laboratories juga mengikuti program tersebut.
Mulai dua pekan lalu, para karyawan pabrik tersebut sudah menyantap menu ODNR yang diikuti lebih dari 300 karyawan. Menunya pun bervariasi, ada nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan nasi ODNR yang terbuat dari beras analag dari bulir jagung.

Factory Manager PT Medifarma Laboratories Wahyu Hartoyo mengatakan program tersebut sejalan dengan motto perusahaan yakni Ayo Makan Sehat dan misi perusahaan Membangun Indonesia Sehat. Sehingga, kata dia, kedepan pihaknya akan berkomitmen untuk menyuguhkan menu ODNR setiap hari Selasa saat jam makan siang karyawan.

"Menu yang mengatur pihak manajemen, kami bekerjasama dengan pihak katering, dan nanti mungkin akan digelar survey tertulis dari para karyawan mengenai rasa menu ini," ujarnya di Pabrik PT Medifarma Laboratories, Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok, Selasa (08/10/2013).

Humas Serikat Pekerja mengatakan menu nasi uduk menurutnya enak dan hampir sama seperti nasi umum biasanya. Namun memang dari segi aroma lebih berbeda dimana nasi uduk ODNR masih terasa aroma jagungnya.

"Seperti nasi uduk pada umumnya, rasa sama kayak nasi uduk biasa, namun memang porsinya agak sedikit ditambah supaya lebih kenyang, pengennya kedepan tambah variasi, kedepannya ada sate atau ada gule lebih enak. Kalau setiap Selasa begini enggak masalah," ungkap Eko.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengapresiasi langkah yang dilakukan PT Medifarma Laboratories. Menu yang masih menjadi favorit yakni menu nasi goreng ODNR.

"Pertama, saya melihat sikap karyawan happy saat menyantap menu itu. Saya lihat menunya menu ideal, cukup bagus bervariasi ada telur, ayam, daging, ikan, lauk pauk utama. Sayurnya juga ada, lalap ada. Kerupuknya, sambalnya, menu makanan sudah ideal. Pengenalan karbo lokal non padi akan mempertajam kualitas agar menu makanan ini lebih reliable," kata Nur Mahmudi.

Selain itu, lanjutnya, menu makanan tersebut tentunya mengandung glikemik indeks yang rendah. Bahkan dengan 12 menu kombinasi seperti ayam balado, semur daging, ikan goreng, bola - bola daging balado, hingga telur dadar, bisa lebih diperkaya untuk menambah variasi menu.

"Ini contoh tipe menu yang layak. Keuntungan bagi pekerja, dampak agar tak diabetes. Dampak kedua muncul advantage bagi perusahaan, karyawan enggak cepa lapar, jadi produktivitas tinggi. Maka berarti menu ODNR yang ditata dengan rapi, membuat kinerja perusahaan berkualitas prima, saya acungkan empat jempol," tandas Nur Mahmudi.


No comments:

Post a Comment