Wednesday, October 9, 2013

20 Ribu Mahasiswa Bertarung di Ajang OSN Pertamina UI

Universitas Indonesia (UI) bersama PT Pertamina Persero menggelar kegiatan rutin Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-PERTAMINA) 2013. Ajang tersebut merupakan suatu program kompetisi bagi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang sains dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
Sasarannya untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya. OSN-PERTAMINA 2013 kali ini mengangkat tema "Inovasi Sobat Bumi, Prestasi untuk Negeri".

Wakil Rektor I UI Bambang Wibawarta mengatakan dalam perjalanannya, OSN bersama Pertamina sudah banyak hasil yang dicapai untuk memajukan teknologi dan sains. Para mahasiswa melaluinya dengan fokus pada penelitian.

"Hari ini ada berbagai dosen yang mewakili 37 universitas, mempunyai komitmen yang sama dengan UI majukan sains dan teknologi. Sebagai akar budaya bangsa, berdiskusi mencari terobosan, bersama bersinergi untuk mencari berbagai macam hal ke depan," jelasnya dalam sambutannya di Wisma Makara UI, Depok, Senin (7/10/2013).

Manager CSR Pertamina Persero Ifky Sukarya mengatakan OSN-Pertamina memperlombakan dua kategori yakni kategori teori dan kategori proyek sains, di mana tahun ini porsi kategori proyek sains lebih diperluas dari tahun sebelumnya.

"Kami targetkan tahun ini 20 ribu mahasiswa yang ikut, penyelenggaraan OSN-Pertamina 2013 terdiri atas tiga tahap yakni pendaftaran peserta, seleksi tingkat provinsi berupa babak penyisihan yang akan dilakukan serentak di 33 provinsi pada 21 November 2013, dan seleksi tingkat nasional pada 9-13 Desember 2013, pendaftaran dilakukan secara online di www.osnpertamina.com mulai 30 September hingga 11 November 2013," papar Ifky.

Pada kategori teori meliputi bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan untuk kategori proyek sains dirancang untuk menjaring pemenang secara kelompok yang memiliki karya inovasi dan applied science di bidang energi dan pengembangannya disampaikan dalam karya prototype dan dipresentasikan.


No comments:

Post a Comment