Sunday, October 6, 2013

Banyak Berprofesi Pemulung, FIB UI Terjun Tata Kampung Kumuh

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI telah menjalankan program kerja menata kampung di pemukiman miskin di Kecamatan Sukmajaya, Depok. Mahasiswa yang tergabung dalam Divisi Sosmas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIB tersebut menggagas program yang dinamakan Kampung Binaan.
Program tersebut dilakukan guna meningkatkan dan menambahkan segala infrastruktur serta sarana yang memadai di kampung tersebut sehingga menjadikan kampung yang bersih dan sehat. Kampung yang akan dibina ini terletak di Desa lembah abadi RT 09/02 kelurahan Sukmajaya, Depok.

Program ini berjalan pada September-Oktober 2013. Sebagian besar orang-orang di kampung ini berprofesi sebagai pemulung. Project Officer (PO) Kampung Binaan Diah Putri mengatakan bahwa kampung tersebut butuh perhatian dari Pemkot Depok karena fasilitas dan sarana lingkungannya yang masih kumuh dan kurang memadai.

"Kampung Binaan ini lebih menekankan pada rencana pembangunan lingkungan yang lebih bersih dan aktivitas masyarakatnya," ungkap Diah di Depok, Kamis (3/10/2013).

Sejauh ini Kampung Binaan telah membuat sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) dan juga akan segera dibentuk sekolah pintar untuk para kaum ibu di kampung tersebut. Ia berharap banyak pihak sponsor yang hendak menjadi donatur dalam program tersebut.

"Ada beberapa program yang akan segera kami laksanakan, namun masih bertahap. Karena dana yang kami kumpulkan belum mencukupi, untuk itu kami sangat senang jika ada warga lain yang turut berpartisipasi membantu atau memberikan sumbangan dan menjadi donatur," kata Diah.

Diah berharap agar kampung ini dapat terus berkembang setelah diadakannya program Kampung Binaan. "Harapan kecil saya adalah semoga lingkungan di desa lembah abadi ini menjadi lebih bersih. Jika lingkungan bersih, secara otomatis warganya pun juga sehat," tuturnya.


No comments:

Post a Comment