Monday, October 7, 2013

Hore, UI Bakal Punya RS Pendidikan Internasional!

Universitas Indonesia (UI) menggelar peletakan batu pertama Rumah Sakit (RS) UI yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh. Lokasinya berada di gedung Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) lama, Kampus UI, Depok.
Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan RSUI ini merupakan rumah sakit pendidikan pertama di Indonesia yang mengakomodasi konsep patient safety seta berakreditasi internasional.

Konsep ini merupakan konsep baru di dunia kedokteran yang memperhatikan sistem konstruksi, tata letak ruangan, penggunaan material bangunan serta pengaturan alur pasien infectious dan pasien non infectious demi keselamatan dan kenyamanan pasien.

"Pembangunan RS Pendidikan UI mengikuti standar Joint Comission International Accreditation (JCIA) baik itu dari sisi bangunan, material bangunan, infrastruktur, pengelolaan limbah, sistem sekuriti hingga pelayanan," ujar Farida kepada wartawan, Senin (30/9/2013).

Farida menambahkan material yang digunakan merupakan material ramah lingkungan agar memenuhi konsep Green Building. Selain itu begitu pula limbah domestik dan limbah air akan diberi treatment khusus agar tak merusak lingkungan dan dapat digunakan kembali sebagai water flush toilet RS.

"Selain itu RS ini juga memiliki ketahanan akan bencana seperti gempa, wabah penyakit, banjir, petir, dan angin serta mampu bertahan selama tujuh hari dengan listrik dan air yang bersumber dari RS itu sendiri," katanya.

Luas RS tersebut yakni 74.043 meter persegi dengan 14 lantai yang memiliki 250 kamar. Terdiri dari sepertiga kelas VIP, sepertiga kamar kelas dua, dan sepertiga kamar kelas tiga.

"Pembangunan ini didanai oleh JICA loan dengan mengedepankan konsep pelayanan primer, sekunder dan tersier secara komprehensif," tutupnya. 


No comments:

Post a Comment