Monday, October 7, 2013

Tiga Pesan Mendikbud Bagi Tim Pembangunan RSUI

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) setinggi 14 lantai akan segera rampung tahun 2016. Dalam pembangunannya saat ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh menyampaikan tiga pesan bagi tim pembangunan RSUI.
Nuh meminta agar civitas akademika UI menjunjung tinggi prinsip-prinsip kolaborasi dan prinsip berbagi. Sehingga, jangan sampai sebuah universitas memiliki sikap egosektor antara fakultas yang satu dengan disiplin ilmu lainnya.

"Mestilah yang kita jadikan prinsip kolaborasi dan prinsip berbagi. Jangan sekali-sekali , namanya universitas, ada kaidah-kaidah universalitas, tapi menjunjung prinsip egosektor, itu berarti bertabrakan. Di antara kita semua harus terbuka dan pro aktif untuk menjahit dan kolaborasi dengan fakultas dan disiplin ilmu dengan yang lain. Harus raih optimum output dan optimum outcome," tuturnya saat peletakan batu pertama RSUI, Senin (30/09/2013).

Nuh menambahkan sebagai RS Pendidikan khususnya UI, sekaligus menjawab prinsip-prinsip UU Kedokteran yang baru saja disahkan oleh presiden. Yakni berupa kerjasama antar kementerian, pendidikan dan kesehatan harus dilaksanakan, jangan berbenturan.

"Yang ketiga RS, tentunya harus berikan pelayanan terbaik bagi pasien, hospitality, keramahan," tegasnya.

Sebagai RS pendidikan, kata Nuh, UI diharap mampu mencetak para calon dokter yang jauh lebih profesional. Dia meminta agar UI tidak sekadar menjadi follower, tetapi menjadi inovator pengembangan teknologi di bidang kesehatan.

"Harus miliki keterampilan yang terbaik. Kita ingin di UI ada temuan pengembangan ilmu yang terbaik, jangan jadi follower, sehingga orang bisa melihat, 'Oh temuan terbaru ada di UI toh,'" tukasnya.


No comments:

Post a Comment