Monday, October 7, 2013

RS UI Jadi Pusat Lima Rumpun Ilmu

Universitas Indonesia (UI) menargetkan pada 2016 pembangunan Rumah Sakit (RS) pendidikan di kampus UI Depok akan rampung. Sebagai RS pendidikan, rumah sakit itu nantinya akan terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar mahasiswa di fakultas rumpun ilmu kesehatan.
Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, sedikitnya terdapat lima rumpun ilmu yang akan terintegrasi yakni Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat. Untuk itu, lanjutnya, rumah sakit ini juga akan dilengkapi ruang observasi bagi para mahasiswa tanpa mengganggu kenyamanan pasien.

"Juni 2016 sudah bisa digunakan. Rumah sakit ini adalah fasilitas yang telah lama diidamkan untuk sarana kesehatan," ungkap Anis dalam sambutannya, Senin (30/9/2013).

Anis menambahkan, pembangunan rumah sakit tersebut merupakan proses panjang sejak 2002-2007 saat periode Rektor Usman Chatib Warsa, dan dilanjutkan di era Rektor Gumilar Rusliwa Somantri.

"Saat ini dilanjutkan tim proyek RS UI. Kami juga dibantu banyak pihak seperti Kemdikbud dan Pemkot Depok. Tujuan proyek untuk meningkatkan pembelajaran lima fakultas rumpun kesehatan. Kami menggunakan konsep penelitian terintegrasi untuk jadi pusat rumpun ilmu," ungkapnya.

Anis menjelaskan terintegrasi tersebut dari mulai kelompok rumpun ilmu kesehatan, kurikulum role model dan fasilitas lainnya. Selain itu terintegrasi kurikulum, sarana dan prasarana, gedung kuliah, laboratorium, dan juga rumah sakit itu sendiri, dan sistem manajemen.

"RS dibangun ini wahana pembelajaran peserta didik, pelayanan kesehatan, calon tenaga profesional dan mengembangkan teknologi di bidang kesehatan. Dibangun untuk mempersiapkan profil yang unggul serta menghasilkan mutu pelayanan terbaik bagi pasien. Seiring perkembangan kesehatan di luar negeri kami siap tingkatkan mutu, standar dan syarat yang dipenuhi nasional atau internasional," tuturnya.


No comments:

Post a Comment