Monday, September 23, 2013

"RW 13 Mekarsari Jadi Pilot Project RW Layak Anak"

Sehubungan dengan akan diproyeksikannya RW 13 Kelurahan Mekarsari, Cimanggis menjadi RW Layak Anak, baru-baru ini elemen masyarakat di lingkungan tersebut disosialisasikan mengenai mekanisme dan pengetahuan seputar kegiatan di RW Layak Anak.

Sosialisasi tersebut diberikan oleh tim dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok yang didampingi Lurah Mekarsari Tesy Haryati.

Tesy menjelaskan dalam pelaksanaannya RW Layak anak harus ditunjang dengan keberadaan pokja Layak Anak. Oleh karenanya sebelum bergulir, Tesy mkengisyaratkan agar pokja layak anak segera dibentuk. Di samping itu, kata dia di lingkungan RW tersebut juga harus memiliki fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang menunjang.

“Tentunya fasos dan fasum yang dimaksud adalah sarana yang bisa digunakan bermain oleh anak-anak. Antara lain lapangan, taman dan trotoar,” kata Tesy Senin (23/9/13).

Lebih lanjut Tesy menjelaskan ihwal penunjukan RW 13 menjadi RW Layak Anak dikarenakan di wilayah tersebut sudah memiliki fasos dan fasum yang cukup memadai dan luas. Hal itu ditunjang dengan semangat warga serta elemen masyarakat yang terlibat dalam mengelola dan memperhatikan kegiatan anak-anak.

“Kader posyandu, paud dan PKK RW kami nilai sudah sangat aktif dalam mengelola pendidikan dan kesehatan warga khususnya anak-anak. Kepedulian inilah yang menjadi modal utama.RW 13 dalam menjadi RW Layak Anak,” jelasnya.

Tesy berharap RW 13 ini dalam waktu dekat juga akan segera menyediakan data anak-anak sebagai bahan pertimbangan dalam pengadaan sarana dan prasarana pendukung bagi anak-anak. Hal itu dimaksudkan agar sarana dan prasarana tersebut sesuai dengan jenis dan usia mayoritas anak-anak.

“Mudah-mudahan persiapan yang matang menjadi sebuah awalan dalam menuju kesuksesan penyelenggaraan RW Layak Anak di RW13 ini,” harapnya.

No comments:

Post a Comment