Monday, September 23, 2013

"Posyandu Markisa Depok Ikuti Lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat"

Posyandu Markisa RW06, Tanah Baru Beji, Depok yang merupakan juara lomba posyandu tingkat Depok mewakili Kota Depok dalam lomba posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2013.

Tim Penilai Provinsi dari Jawa Barat pun datang ke Depok untuk melakukan penilaian, Senin (23/9/13). Mereka disambut oleh Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad.

“Mudah-mudahan kedatangan Tim Penilai tidak hanya sekedar melakukan penilaian terhadap Posyandu di Kota Depok, namun silaturahmi antar aparatur pemerintah. Tema kita kali ini tingkatkan kualitas sumber daya kader untuk menyukseskan program revitalisasi posyandu menuju IPM Kota Depok 80 di tahun 2013,” ujarnya.

Menurut Idris, pelayanan posyandu itu meliputi kesehatan dasar, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan Ibu dan anak. Kemudian juga posyandu bertujuan memberikan kesejahteraan dengan disediakannya pelayanan kesehatan dasar.
Untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi, agar mencapai keluarga sejahtera dan berkualitas, Pemkot Depok bersama BPMK, dan mitra swasta telah memberikan banyak hal.

Di antaranya pemberian bantuan untuk sarana dan prasarana ke 985 posyandu, dari 887 RW se- Kota Depok. Posyandu terintegrasi di Kota Depok juga memiliki layanan pemulihan gizi, dimaksudkan untuk menuntaskan masalah gizi buruk.

Perhatian Pemerintah Kota Depok yang serius dengan penanganan gizi buruk di Kota ini, akhirnya menghasilkan prestasi berupa penghargaan MDG`s Award kategori nutrisi pada tahun 2011.

Bahkan tahun 2012 dan 2013 pemberian bantuan meningkat menjadi Rp 2,5 juta untuk setiap posyandu, dengan tambahan bantuan Rp 1 juta dari Gubernur Jawa Barat.

Ketua TIM Penilai Lomba Posyandu 2013 TK Povinsi Jawa Barat, Bambang Sugiyanto menyatakan bahwa penilaian posyandu itu tidak hanya posyandu yang diunggulkan, namun juga keberadaan seluruh posyandu dan pelaksanaanya.

“Tujuan lomba ini adalah agar posyandu memberikan prestasi terbaik, sesuai dengan norma dan target dalam pelaksanaan posyandu di daerah masing-masing. Juga diharapkan  mampu memperkuat persepsi posyandu yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Posyandu, dan kader posyandu patut mendapatkan apresiasi,” paparnya.

No comments:

Post a Comment