Saturday, September 21, 2013

"Peringati Hari Anak, BPMK Selenggarakan berbagai Lomba"

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menyelenggarakan acara lomba guna memperingati hari anak yang diadakan di Aula Balaikota Depok, Kamis (19/09/2013). Lomba ini diikuti oleh siswa se-Kota Depok mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),  Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berbagai lomba diadakan untuk menyemarakkan acara antara lain, lomba membaca puisi tingkat SD dan SMP, vokal grup tingkat SMA dan mewarnai tingkat PAUD. Tinte Rosmiati selaku Ketua Pelaksana mengatakan, dalam lomba tersebut ada ketentuan yang harus diikuti tiap peserta.

“Untuk mempermudahkan dalam penilaian, dari tim BPMK dan Disdik menetapkan ketentuan yang harus diikuti setiap peserta. Pada lomba baca puisi kami menyediakan tiga pilihan puisi yang kemudian dipilih salah satunya oleh peserta. Pada lomba vokal grup, setiap grup menyanyikan dua lagu. Lagu pertama yaitu lagu daerah asal Jawa Barat dan keduanya lagu wajib yang sudah ditetapkan yaitu Indonesia Jaya,” jelas Tinte.

Selain itu, Kepala Bagian Pemberdayaan Perempuan di BPMK ini menjelaskan bahwa hak anak itu terdiri dari 31 rangkaian, salah satunya yaitu anak dituntut untuk berpartisipasi. “Tujuan diadakannya acara ini lebih menjadikan anak-anak didik dapat meningkatkan kreatifitas dan mereka dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang kami adakan,” tambahnya.

Pengumuman hasil lomba tidak langsung diumumkan, tetapi akan diumumkan ketika acara puncak. “Pengumuman tidak diinformasikan saat ini karena kami akan mengadakan acara puncak di Lapangan Kostrad, Cilodong pada Sabtu, 21 September 2013. Pada acara puncak, akan ada penampilan dari para pemenang lomba. Selain itu, karena lomba mewarnai belum kami laksanakan saat ini maka akan diadakan ketika acara puncak berlangsung,” ujar mantan Kabid Sosial Disnakersos ini.

Di samping itu, Lina selaku guru dan pendamping dari SMP N 9 Depok mengaku acara ini baik meskipun terkesan mendadak. “Saya mendukung adanya acara ini karena dapat meningkatkan kreatifitas anak-anak. Namun sebaiknya informasi terkait lomba harus diinformasikan dari jauh hari. Saya sendiri baru dapat informasi kemarin sore,” tutur ibu tiga anak ini menyarankan.

No comments:

Post a Comment