Saturday, September 21, 2013

"Pelatihan Menjahit Solusi Lain Mengatasi Anak Jalanan"

Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok menindaklanjuti razia anak jalanan yang telah intensif dilakukan, dengan memberikan bantuan sembako dan pembekalan pelatihan bagi keluarga anak jalanan tersebut.

Demikian diutarakan oleh Kepala Bidang Sosial Disnakersos Ani Rahmawati saat ditemui di kantor Disnakersos Kota Depok, Jum’at (20/9/2013).

“Bantuan sembako memang sudah kita lakukan setiap tahun, tapi kami juga merencanakan program tambahan yakni memberikan pelatihan kepada orang tua anak jalanan berupa pelatihan menjahit tingkat dasar,” ujar Ani Rahmawati.

Ani menjelaskan setelah mendapatkan pelatihan menjahit, mereka nantinya akan magang selama dua bulan ke perusahaan yang bermitra dengan Disnakersos dan diharapkan dapat dipekerjakan di perusahaan tersebut.

“Jika nanti mereka tidak dipekerjakan di tempat mereka magang, kami harap mereka bisa wirausaha sendiri. Hal ini untuk meningkatkan pendapatan ekonomi mereka sehingga bisa meminimalisir anaknya turun ke jalan,” lanjut Ani.

Disnakersos menargetkan pelatihan menjahit tingkat dasar ini  bagi orang tua berusia dibawah 35 tahun yang masih masuk dalam usia produktif dan mereka harus komitmen untuk tidak akan mengeksplotasi anaknya untuk mencari nafkah ke jalan.

Program ini tergantung kepada APBD perubahan, jika nanti sudah disahkan maka Disnakersos akan segera menjalankan pelatihan tersebut.

” Saat pembahasan mengenai program ini anggota dewan menunjukan antusiasnya untuk mendukung program itu. Mudah-mudahan bisa cepat direalisasikan,” tutup Ani. 
 

No comments:

Post a Comment