Sunday, September 22, 2013

"Overload, Dua Kolam TPA Cipayung Tak Berfungsi"

Dua dari tiga kolam di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung tak berfungsi untuk menampung sampah. Sebab kedua kolam tersebut sudak tak mampu lagi menampung sampah. Akibatnya sampah pun terpaksa ditaruh di kolam B.
“Dua kolam penampungan yakni kolam A dan C saat ini sudah tidak dapat digunakan sama sekali karena sampah sudah penuh. Mau gimana lagi. Terpaksa hanya satu kolam yang digunakan,” kata Iyay Gumilar, Kepala UPT TPA Cipayung, Sabtu (21/9/13).

Iyay menyatakan bahwa kolam B  pun kondisinya kini sangat memprihatinkan. Sebab setiap hari harus menampung sampah  kurang lebih 1.500 meter kubik atau setara 350 ton.

“Kolam A luasnya mencapai kurang lebih 2,1 hektare dengan kedalaman 12 meter dan tinggi mencapai 10 meter. Sedangkan kolam C luasnya mencapai 6000 meter dengan kedalaman 12 meter dan tingginya saat ini telah mencapai 15 meter,” paparnya.

Sedangkan kolam B yang saat ini, lanjutnya masih difungsikan untuk menampung sampah luasnya hanya 2,4 hektare dengan kedalaman dan ketinggian hampir sama dengan kolam A.

“PPerluasan TPA sangat kami butuhkan saat ini mengingat sampah yang masuk setiap hari nya semakin bertambah. Kami tidak mempersoalkan mau ke arah mana, namun yang jelas memang sudah saatnya diperluas,” tandasnya.

No comments:

Post a Comment