Wednesday, September 18, 2013

"ODNR Bisa Kurangi Impor Beras dan Buka Lapangan Kerja"

Program One Day No Rice (ODNR) yakni tidak makan nasi dalam satu hari yang diprakarsai Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail dinilai bisa mengurangi impor beras dan juga dapat membuka lapangan kerja baru.
“Kebanyakan orang Indonesia, makan nasi sebanyak 3x dalam sehari, dan gerakan ODNR bisa diimplemtasikan dengan 1x makan nasi dan 2x makan karbohidrat lainnya, maka kita tidak lagi meng-impor beras,” kata Nur Mahmudi di Depok, Rabu (18/9/13).

Menurutnya, dengan ODNR sudah bisa mengkonsumsi karbohidrat yang bisa disediakan oleh bangsa sendiri. Selain itu lowongan kerja baru juga akan tercipta dengan adanya produk olahan dari bahan ubi-ubian.

“Bila 2/3 kita ganti dengan jagung, cadangan 22,1 ton. Produktivitas jagung adalah 4,8 ton/ha dengan jumlah tenaga kerja/ha sebanyak 15 orang. Untuk menghasilkan 22,1 juta ton, dibutuhkan 22,1 juta ton/4,8 ton, yaitu 4.604.167 ha,” imbuhnya.

Yang artinya, lanjut Nur Mahmudi, akan terjadi penyerapan tenaga kerja sebanyak 69 juta tenaga kerja, bila menggunakan jagung sebagai pengganti beras.

No comments:

Post a Comment