Wednesday, September 18, 2013

"Minim PJU, Jalan Samping Tol Cijago Gelap Gulita"

Jalan Pendamping Tol Cijago RW11 Kelurahan Curug, Cimanggis gelap gulita pada malam hari. Pasalnya tak satu pun Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ditempatkan di jalan itu.

Pemasangan PJU hanya sampai pintu gerbang tol Cijago yang notabene terletak di wilayah Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis. Selebihnya, hingga perbatasan dengan Kelurahan Harjamukti tak ada satu pun PJU yang dipasangkan.

Jalan yang gelap memungkinkan kriminalitas sewaktu-waktu mengintai. Hamid warga RW 09 Kelurahan Curug yang biasa melintas di jalan itu mengaku kerap menemui remaja yang nongkrong di sepanjang jalan. Meskipun tak melihat jelas apa yang dilakukan remaja itu akan tetapi berkumpul di tempat gelap bertendensi melakukan hal yang negatif.

“Memang kondisinya gelap sekali kalau malam. Meskipun saya belum pernah mendengar ada begal tapi kalau remaja pada nongkrong gelap-gelapan sih sering,” ungkap Hamid, Rabu (18/9/13).

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dia berharap adanya penerangan untuk jalan tersebut. Terlebih penerangan yang ada di underpass pun acap kali padam sehingga makin membuat kondisi tambah pekat dan mencekam. Selama ini sumber penerangan hanya berasal dari warga di sekitar.

“Mungkin kalau warga nggak ada inisiatif kasih lampu, penerangan jalan ini hanya mengandalkan dari lampu kendaraan bermotor saja,” tuturnya.

Sementara itu Ketua RW 11 Maryono membenarkan tidak adanya PJU di jalan itu. Dia pun tak menyangkal jika tak kunjung dipasangi PJU kriminalitas pun sewaktu-waktu bisa mengintai. Bahkan dirinya bersama Ketua RW 09 Kustoyo pernah mengusir remaja yang berkumpul di jalan itu lantaran dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan warga.

“Ya seperti itulah kondisinya. Anda bisa lihat sendiri di sini memang tidak ada PJU,” tegas dia.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, maka pihaknya tengah menjajaki kemungkinan untuk membuatkan sebuah pos penjagaan. Pos itu nantinya akan ditempatkan di sekitar underpass dan diisi oleh anggota hansip.

“Kita sudah ada omongan lisan dengan Ketua RW 09 untuk membuat pos penjagaan. Tapi itu belum seratus persen. Kita masih berharap adanya PJU,” tandasnya.

No comments:

Post a Comment