Friday, September 20, 2013

"Mengetahui Minat Anak Terhadap Pelajaran"

Mengenali kecenderungan minat anak terhadap pelajaran penting karena sangat membantu mengarahkan mereka agar sukses belajar, memilih jurusan, bahkan  profesinya di kemudian hari.

Suka atau tidak suka terhadap pelajaran tertentu sering dijadikan barometer bahwa anak minat atau tidak pada pelajaran itu. Padahal bisa jadi  ketidaksukaannya itu disebabkan anak tidak cocok dengan gaya mengajar guru, misalnya.

Mengetahui minat belajar anak menjadi penting untuk  memperkecil kebosanan, membangun konsentrasi, menguatkan ingatan, dan mencegah gangguan dari luar.

Menurut pemerhati anak, Seto Mulyadi perpaduan faktor genetik dan lingkungan berpengaruh besar pada perkembangan potensi anak. Yang diturunkan secara genetik tidak akan berkembang jika lingkungan anak tidak kondusif.

Setiap anak mempunyai bakat yang terlihat maupun yang terpendam. Terlihat karena anak menunjukkan kesukaan atau kebisaannya. Inilah yang biasa disebut dengan potensi anak. Jika potensi anak sudah terlihat, orangtua tinggal mengasahnya. Kalaupun potensi anak belum terlihat, orangtua harus mengamati dan memberikan berbagai aktivitas yang bisa mengukur kesukaan anak.

Anak akan tergugah minatnya jika ada hubungan antara yang ia pelajari dengan manfaat ia peroleh. Artinya, pengetahuan itu dapat memuaskan kebutuhannya, menambah kecakapannya, dan memajukan dirinya. Ini bisa terjadi jika terlihat hubungan antara yang dipelajari dengan kehidupan nyata, guru dan siswa sama-sama aktif, dan sikap guru dalam mengajar.

Bangkitya kesadaran anak akan minat yang dimilikinya akan  memudahkan anak menekuni bidang pelajaran. Orangtua tidak akan susah payah mengarahkannya karena anak yakin akan kemampuannya.

No comments:

Post a Comment