Monday, September 16, 2013

"Masalah Sampah Akan Menjadi Konsentrasi Kelurahan Tugu"

Jalan Tugu Raya belum sepenuhnya terbebas dari sampah. Tumpukan sampah liar masih ada di seputar Jalan Tugu Raya tepatnya di RT 10/10 tak jauh dari PT Lucky Abadi. Kondisi ini jelas membuat warga tidak nyaman. Selain kotor, sampah itu juga menghasilkan bau tidak sedap dan mendatangkan lalat.

Meskipun demikian, Ketua RT10/10  Agus Sukaryo menolak bertanggung jawab mengenai masalah sampah di tempat itu. Dia berdalih jalan itu memang masuk lingkungannya namun dirinya tidak bisa mengontrol karena letaknya yang di pinggir jalan umum sehingga sulit untuk dipantau.

“Memang masuknya wilayah kami, tapi kami kesulitan mengontrol karena dipinggir jalan umum,” katanya Senin (16/9/13).

Terpisah Lurah Tugu Suryana Yusup mengaku sudah mengetahui masalah ini. Dia juga mengaku sudah mengagendakan pembersihan di lokasi tersebut. Rencananya sabtu (21/9/13) ini pihak kelurahan akan menggandeng Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) Kelurahan Tugu juga warga dalam kegiatan bersih-bersih itu.

“Ya, upaya kami untuk mengatasi masalah sampah di situ sudah dirumuskan. Sabtu ini kami akan gelar kerja bakti sekaligus pengangkatan sampah. Setelah itu lokasi itu juga akan dipagar agar tidak dibuangi sampah kembali,” jelas Suryana.

Lebih jauh dikatakannya bahwa pemasangan papan pengumuman bernada ancaman yang terbukti efektif mengatasi masalah sampah di RW08 pun juga akan dilakukan. Dengan demikian diharapkan ada kesadaran warga untuk berhenti membuang sampah di tempat yang tidak seharusnya. Baik itu penduduk setempat maupun pengguna jalan.

“Buang sampah sembarangan itu dzholim. Jadi kami berusaha agar warga tidak mendzholimi satu sama lain. Kami juga akan pasang papan pengumuman yang menegaskan sanksi pidana dan denda bagi pembuang sampah liar agar mereka paham,” ungkanpnya.

Sementara itu Ketua MPL S Riyanto mengaku siap untuk turun dalam gelaran bersih-bersih yang akan diagendakan akhir pekan ini. Riyanto juga mengapresiasi tindakan lurah yang cepat dalam penanganan permasalahan sampah. Dengan demikian dia berharap agar Kelurahan Tugu secepatnya terbebas dari problematika sampah.

Untuk kegiatan akhir pekan ini Riyanto juga sudah menghubungi Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok untuk menyiapkan armadanya untuk mengangkut sampah di lokasi ini.

“Penanganan sampah memang sudah seharusnya secara cepat. Untuk itu kami juga sudah hubungi DKP untuk menyiapkan armadanya guna mengangkut sampah liar ini. Sebab kalau tidak langsung diangkut dikhawatirkan akan terjadi penumpukan kembali,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment