Tuesday, September 17, 2013

"Lurah Mekarsari Bongkar PKL Diatas Saluran Air"

Guna melancarkan aliran air dan menata lingkungan, Lurah Mekarsari Tesy Haryati bersama staf K3 Kecamatan Cimanggis Cecep, dan LPM Kelurahan Mekarsari Joni serta RT dan RW setempat menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di atas saluran air di Jalan Raya Bogor Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Selasa (17/9/13).

Sedikitnya ada 6 PKL yang ditertibkan. Jumlah tersebut tergolong sedikit sebab sebagian besar PKL yang mangkal di wilayah itu sudah ditertibkan jelang puasa. Agar tidak kembali ditempati PKL, saluran air pun dibongkar sehingga hanya menyisakan trotoar bagi pejalan kaki.

Menurut Tesy penertiban ini tak hanya akan menghijaukan tapi juga akan berdampak positif terhadap pebisnis. “Sebagai etalase Kota Depok jika landscape tertata rapi otomatis akan mendatangkan keuntungan bagi pebisnis dan juga warga sekitar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya setelah penertiban dan pembongkaran di lahan sepanjang kurang lebih 70 meter itu, akan dibuatkan taman agar lebih terlihat hijau. Hal itu juga diyakininya akan membuat PKL tidak kembali lagi di tempat itu. Dijadwalkan pekerjaan ini akan rampung dalam dua bulan ke depan.

Dalam proses penertiban dan penghijauan ini Tesy mengaku tidak mengalami banyak kendala. Hanya masalah pendanaan saja yang menjadi hambatan. Itu lantaran penertiban sekaligus penghijauan ini tidak dibiayai oleh pemerintah. Namun hal itu disiasati Tesy dengan menggunakan dana swadaya murni dari masyarakat.

“1 Meter itu perlu dana sekitar Rp1,4 juta. Makanya sedikit banyak kami kesulitan. Akhirnya ini dibiayai dana swadaya murni,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pembangunan LPM Mekarsari Joni mengapresiasi penertiban PKL yang dilakukan pihak Kelurahan. Terlebih saluran air di atasnya pun dibongkar. Hal ini tentunya akan meminimalisir banjir maupun genangan air di wilayah tersebut.

“Pada dasarnya saluran air ini kan nggak boleh ditutup supaya mudah dibersihkan ketika airnya macet. Makanya kami optimis langkah ini efektif dalam mengatasi banjir, sebab selama ini aliran air dari jalan Raya Bogor tidak ada yang mengalir langsung ke saluran air ini,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment