Saturday, September 21, 2013

"Langit di Atas Pantai Kenjeran Dipenuhi Layang-Layang "

Panas matahari tak menghalangi niat para peserta festival layang-layang 2013 di Kenjeran Park Surabaya, Sabtu (21/9/2013). Puluhan layang-layang dengan berbagai bentuk pun menari-nari di udara.
Yang berterbangan ini tentunya juga bukan layang-layang biasa. Mereka ini termasuk jenis layang-layang 2D dan train naga. Bentuknya pun beragam, mulai dari cumi-cumi, ikan lumba-lumba, spiderman, gadis berkebaya, dan lain-lain.

Peserta yang datang pun tak main-main. Yang paling jauh, mereka datang dari Sulawesi Selatan. Kebanyakan peserta ini bermalam di Surabaya sebelumnya atau membawa tenda untuk menginap di area pertandingan.

Festival layang-layang yang diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya setiap tahun ini, kali ini mengharuskan peserta yang ikut membuat layang-layang dengan tema 'Menuju Langit Biru'. Tema yang diambil berangkat dari keprihatinan pencemaran udara yang semakin tinggi, hingga menyebabkan langit tidak berwarna biru, melainkan menjadi abu-abu.

"Warna langit sekarang nggak sebiru dulu. Coba lihat, sekarang warnanya biru keabu-abuan, pencemaran udara merusa ozon. Itu alasan panitia memberi tema menuju langit biru," kata salah satu peserta, Sukaniah (46).

Sukaniah yang datang jauh-jauh dari Depok ternyata sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kontes ini. Tiba di Surabaya pada hari Jumat (20/9/2013) lalu, ia bersama anak-anaknya dan suaminya yang seorang pembuat layangan memang gemar mengikuti festival layangan semacam ini. Dirinya sudah 17 tahun menekuni bidang layang-layang.

Mengandalkan layang-layangnya yang berbentuk perumahan dengan pohon-pohon nan hijau, ia mengaku ta menarget menang dalam festival yang menawarkan hadiah dengan total Rp 33.750.000 ini.

"Buat kami para pecinta layangan, di langit itu kami musuh, tapi di darat kami bersahabat. Pokoknya ikut beginian, bertemu pecinta layangan saja sudah senang," katanya sembari memainkan layangannya.


No comments:

Post a Comment