Monday, September 23, 2013

"Kondisi Rusa UI Memprihatinkan"

Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat membuat sebuah kandang besar untuk menampung rusa-rusa. Namun, rusa-rusa yang berada di kandang seluas satu hektar itu kini kondisinya memprihatinkan karena tidak diurus.
Sungguh memprihatinkan. Itulah ungkapan yang tepat saat kita melihat sekumpulan rusa di hutan UI. Puluhan rusa yang hidup di kandang seluas satu hektar dengan dikelilingi pagar besi setinggi 2,5 m ini  terlihat sangat memprihatinkan.

Sekumpulan rusa terlihat tidak takut dengan pengunjung. Bahkan pengunjung bisa memegang mereka. Ketidaktakutan rusa-rusa ini lantaran mereka kelaparan dan berharap dapat diberi makan oleh pengunjung 

Di lahan seluas satu hektar terdapat tiga kandang yang dijadikan tempat rusa berteduh. Namun jika diperhatikan, kondisi kandang kian rusak. Banyak sampah dan kayu yang sudah kering berada di dalam kandang yang tidak kunjung dibersihkan. Tidak hanya itu, wadah penampung air kini tidak lagi berisi air. Banyak pohon liar yang tumbuh dan merusak bak penampung air. 

Kondisi rusanya pun tidak jauh berbeda. Mereka terlihat kurus kering. Banyak juga rusa yang terluka. Sementara itu, rusa-rusa juga tidak banyak berkembang biak. Hanya terlihat satu anak rusa di antara puluhan rusa dewasa.

Salah satu mahasiswi UI, Atika, mengatakan, dia sangat sedih melihat kondisi rusa di tempat ini. Bahkan Atika mengimbuhkan, banyak rusa yang tidak lagi tinggal di kandang. Mereka hidup liar di luar kandang.

"Rusa yang bisa dijadikan ciri khas kampus UI ini  lebih baik ditiadakan daripada tidak diurus seperti ini," ujar Atika.  

Keberadaan puluhan rusa di kampus UI, Depok, Jawa Barat tergolong sudah lama. Namun seiring berjalannya waktu, rusa serta kandangnya kini tidak lagi hidup terawat. Sejumlah rusa hanya memakan rumput liar yang tumbuh di pelataran kandang. Sebagian lainnya berkeliaran bebas di lingkungan kampus.


No comments:

Post a Comment