Wednesday, September 18, 2013

"Kedai Kopi Kimung di Kota Depok"

Ngopi yuk....  Tapi sebelumnya ada yang tahu sejarah kopi di Indonesia gak?. Kalau belum tahu kami akan sedikit bercerita sejarah kopi di Indonesia. Jenis biji kopi sendiri secara umum terdapat 2 jenis biji kopi yaitu Arabika dan Robusta. Biji kopi hadir di negeri ini sekitar tahun 1696 dari India melalui Gubernur Belanda di Malabar kemudian di bawa ke Batavia untuk di tanam, tapi sempat gagal panen karena musibah banjir di Batavia.
Kemudian di tahun 1711 export kopi pertama mulai dikirim dari Jawa ke beberapa kota di Eropa oleh VOC  pada waktu itu harga biji kopi sekitar 3 Gulden per kilogramnya dan dalam 10 tahun eksport biji kopi meningkat menjadi 60 ton per tahun. Melihat hasil yang menguntungkan dari biji kopi pemerintah Belanda di Indonesia mulai melakukan Cultuurstesel (Sistem Penanaman) di Indonesia.
Kembali ke pelajaran sejarah di waktu sekolah dulu, sistem tanam paksa yang di gagaskan oleh Max Havelaar sempat di tulis oleh Douwes Dekker tentang tekanan kepada orang desa oleh pejabat yang tamak. Indonesia merupakan negara pertama di luar Ethiopia dan Arab yang secara luas menanami biji kopi. Bukan hanya biji kopi tapi juga rempah-rempah dan cakupan luas dari hasil bumi yang ada di Indonesia.
Nah mudah mudahan secuil sejarah biji kopi di negeri ini bisa membuat kita bangga karena negeri ini ternyata mempunyai 3 varian biji kopi terbaik dari 10 varian biji kopi di dunia.
Kali ini kami akan mengulas salah satu kedai kopi yang berbeda dengan kedai kopi yang ada di kota Depok. Kedai Kopi Kimung yang berada di Grand Depok City , Blok C no.53 Depok ini akan memanjakan kalian para penikmat minuman kopi di kota Depok.
Kedai yang buka pertama kali di tanggal 1 bulan April 2011 ini menyediakan berbagai macam menu minuman kopi yaitu  Kopi  Kimung, Kopi Ala turki, Kopi Hitam dan Kopi Espresso. Sedikit informasi kalau di kedai ini yang menjadi daya tariknya adalah pada saat pembutan minuman kopi itu sendiri. Sebagai contoh untuk Kopi Kimung, adalah kopi susu perpaduan antara kopi Java Arabika yang kuat aromanya dan di seduh dengan menggunakan alat saring yaitu Vietnam Drip yang akan memberikan cita rasa khas. Alat ini khusus di datangkan langsung dari Vietnam, untuk menikmati kopi kimung ini kita hanya perlu menunggu sampai tetesan terakhir kopi setelah itu diaduk dengan susu kental manis di bawah gelas kalian akan merasakan sensai tersendiri pada rasa manis susu dan rasa kopi yang kuat. Untuk kopi kimung ini cocok untuk kalian penikmat kopi pemula.
Pak Syahrizal Syarif pemilik kedai kopi ini merasa terpanggil untuk lebih mengenalkan bahwa biji kopi dari negeri sendiri lebih baik dan tidak ada duanya karena dari 10 varian biji kopi di dunia 3 varian biji kopi unggulan ada di Indonesia. Di mulai dari hobby menikmati secangkir kopi dan pengalaman menikmati kopi di berbagai negara pak Syahrizal tergugah untuk bisa berbagi dalam hal menikmati minum kopi.
Di kedai ini juga kita akan di perlihatkan cara seni pembuatan dan penyajian kopi dari berbagai negara karena kedai ini menyediakan peralatannya langsung dari negara asalnya sperti Turki ada Ibrek yaitu alat penyeduh kopi tradisional, dari Vietnam ada Vietnam Drip, dari Eropa ada French press dan seperti kedai kopi lainnya disini pun ada mesin espresso.
Bagi kalian yang ingin menikmati minuman lain selain kopi juga tersedia aneka teh dan minuman coklat panas dan dingin lainnya. Jangan takut kelaparan di kedai ini karena disini juga tersedia makanan cemilan seperti  Roti Bakar, French Fries, Pisang Goreng Ponti, Ketan Kinca Durian Medan, sampai ke Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam. Kalau lapar banget bisa pesan makanan Nasi Rawon Kimung, Nasi Goreng, Mie Goreng Jawa wah pokoknya banyak yang bisa di nikmati makanan dan minuman di kedai ini.
Tempatnya yang cozy dan homy terasa nyaman untuk bisa santai sambil menikmati makanan dan minuman yang kita pesan ditambah juga dengan fasilitas free wifinya yang tersedia disini bakalan bikin kalian betah nongkrong disini. Kedai kopi kimung terdiri dari 2 lantai yang mana lantai dua bisa di pakai untuk pertemuan ataupun untuk meeting dan dan arisan, juga tersedia projector untuk presentasi pokoknya lengkap deh.
Jam buka kedai kopi ini setiap hari dari senin sampai jumat mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam dan di weekend sampai jam 11 malam. Range harga di kedai ini mulai dari Rp. 7.000,- sampai Rp. 35.000, worth it banget kan karena dengan harga segitu kita bakalan bisa menikmati minuman dan makanan yang berkualitas di kedai ini.
Sekali lagi kedai kopi kimung perlu di masukin ke dalam daftar wisata kuliner kalian. Seperti kata Albert Einstein �Selalu ada tempat untuk secangkir kopi bersama shabat�. So guys kapan kita ngopi bareng lagi.

Nama Kedai           : Kedai Kopi Kimung
Alamat                  : Grand Depok City Blok C no.83
Jam Operasional    : Senin s/d jumat  9- 22, weekend s/d 23.00
Telepon                : 77835181
 

No comments:

Post a Comment