Sunday, September 15, 2013

"Jelang Pemilu 2014, Panitia Pengawas Lapangan di Tiga Kecamatan Dilantik"

Mendekati pemilu 2014, sebanyak 78 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) tingkat Kelurahan di tiga Kecamatan dilantik di kantor Kecamatan Cilodong.

PPL yang dilantik itu berasal dari dua daerah pemilihan (Dapil) yang termasuk wilayah Depok bagian timur, yakni Dapil Cimanggis dan Dapil Cilodong-Tapos. PPL itu dilantik oleh Koordinator Wilayah Depok bagian Timur Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok Sriyono.

Sriyono menjelaskan jumlah PPL yang ditugaskan untuk satu kelurahan jumlahnya tidak sama. Dari satu hingga lima orang petugas, disesuaikan dengan jumlah penduduk dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan itu.

“Jumlahnya memang tidak seragam karena memang disesuaikan dengan kebutuhan. Agar tidak mubazir,” katanya Minggu (15/9/13).

Untuk tugas pertama yang harus dijalankan PPL pra pemilu, kata Sriyono PPL harus berinteraksi dan bersosialisasi dengan seluruh elemen masyarakat, pemerintahan maupun penyelenggara pemilu. Dengan itu, dia berharap PPL dapat dengan mudah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Yang pertama yang harus dilakukan oleh PPL, bersosialisasi dengan semua pihak. Termasuk Lurah, PPS, Ketua Lingkungan dan masyarakat,” ungkapnya.

Adapun rincian dari 78 PPL tersebut yakni 27 PPL dari Kecamatan Cimanggis, 32 PPL dari Kecamatan Tapos, serta 19 PPL dari Kecamatan Cilodong. Sedangkan jumlah Calon Legislatif (Caleg) yang ada di dua Dapil itu sebanyak 191 orang.

Sementara itu salah seorang PPL dari Kelurahan Tugu, Alamsyah mengaku siap bertugas meskipun jumlah TPS yang akan diawasi lebih banyak dari Kelurahan lainnya.  Optimisme Alamsyah  mengemuka lantaran bercermin dari gelaran pilgub silam.

“Waktu itu PPL di Kelurahan hanya satu orang bisa lancar. Sedangkan kami nanti ada lima orang PPL seharusnya lebih lancar. Terpenting kami harus solid dan mau bekerja sama satu sama lain,” katanya.

No comments:

Post a Comment