Saturday, September 14, 2013

"Empat Septic Tank Communal di Depok Akan Dibangun"

Empat wilayah di Depok mendapatkan bantuan pembuatan septic tank communal pada tahun 2013. Keempat wilayah itu di antaranya dua Curug, Cimanggis, Pondokjaya, Sukmajaya, dan Curug, Bojongsari. Setiap wilayah mendapatkan Rp 400 juta dan uang tersebut ditransfer ke rekening bersama milik warga setempat.

“Pembuatan septi tank comunal itu karena di wilayah itu rumah penduduk saling berdekatan dan mereka pun membuat septi tank masing-masing. Dampaknya sumur mereka pun tercemar makanya dibuatkan septi tank bersama. Dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” tutur Kepela Dinas Tata Kota dan Permukiman Kota Depok, Wijayanto, Jumat (13/9/13).

Dikatakan Wijayanto, selain kondisi lingkungan warga demikian, warga juga harus memiliki lahan yang dihibahkan atau diberikan agar septi tank yang berukuran 6 X 12 meter dengan kedalaman 1,5 meter tersebut dapat dibangun. Di lahan tersebut pun dapat dibangun MCK yang dapat digunakan bersama.

“Tim kami bergerak mencari kawasan itu. Ada 20 titik, namun karena keterbatasan dana hanya empat yang dapat dibangun tahun ini. Titik-titik yang lainnya waiting list,” paparnya.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Curug Perdana, Abdul Aqib menjelaskan, pola hidup warga RW08 tidak sehat. Sebab masih banyak warga yang buang hajat di kebun.

Tercemarnya air tanah oleh bakteri ecoli membuat warga banyak yang terserang diare dan gatal-gatal “Septic Tank ini akan dipergunakan oleh 50 KK. Kami berharap pembangunan septi tank itu dapat dipercepat,” tandas Ketua RW08 itu.

No comments:

Post a Comment