Tuesday, September 24, 2013

"Diskominfo Selenggarakan Pelatihan untuk Kelompok Informasi Masyarakat"

Bertempat di SMPN 2 Depok, Bidang Informasi Publik Diskominfo Kota Depok bekerja sama dengan Depok Cyber Community menyelenggarakan pelatihan untuk kegiatan kelompok Informasi Masyarakat (KIM). KIM ini merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai kesamaan tujuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan dengan memanfaatkan informasi melalui media  massa. KIM ini dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seluruh peserta dibekali dengan keahlian menulis artikel, teknik dasar fotogrfi, dan teknik menggunakan handycam. Selain itu, peserta juga diberikan buku saku mengenai kelompok informasi masyarakat, video tutorial tentang pembuatan blog, dan peta konsep untuk mengisi rubrikasi dalam blog tersebut. Hal ini dinilai penting, karena nantinya mereka akan dilibatkan secara aktif menjadi juru penerang dan kontributor untuk membantu menyebarkan informasi pemerintahan kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui tulisan di website Kota Depok.

“Kami senang sekali ada pelatihan ini. Soalnya selama ini, kalau ada kegiatan di tingkat RT atau RW masih jarang diberitakan. Kalau sudah dilatih ‘kan kami bisa menulis dan mempublikasikan sendiri kegiatan-kegiatan di wilayah kami,” Ujar Muhayat, peserta dalam kegiatan ini.

Dalam pelatihan tersebut, seluruh peserta memang terlihat antusias mengikuti kegiatan hingga akhir acara. Dari seluruh peserta yang di undang, yakni masing-masing dua orang dari setiap kelurahan, hampir semuanya mengirimkan perwakilan.

“Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini, para juru penerang di setiap kelurahan bisa aktif menulis di website. Sehingga bisa menjadi penghubung informasi baik dari masyarakat kepada pemerintah, maupun informasi dari pemerintah kepada masyarakat luas,” tutur Kepala Seksi Kemitraan Diskominfo, Tatik Wijayati sambil menutup acara tersebut. 
 

No comments:

Post a Comment