Wednesday, September 18, 2013

"Depok Cyber Community Adakan Kompetisi Antar Sekolah"

Depok Cyber Community mengadakan Sosialisasi Gebyar TIK dan Kompetisi Antar Sekolah se-Kota Depok di Aula Lantai 5 Balaikota Depok, Rabu (18/09/2013). Sosialisasi tersebut guna memberikan informasi terkait lomba yang akan diadakan nantinya. Acara ini dihadiri oleh Ketua Depok Cyber Community, Rudi Malau, tiga anggotanya yaitu Subhan, Tatik, dan Agus, serta siswa dan guru perwakilan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Depok. Lomba yang akan dikompetisikan yaitu Lomba Merakit Cepat Personal Computer (PC), Lomba E-Magazine, dan Lomba Power Point. Setiap lomba memiliki ketentuan yang berbeda.

Rudi Malau mengatakan, lomba yang diadakan nanti akan berpengaruh pada meningkatnya kemampuan siswa mengenai teknologi IT. “Setiap sekolah harus mengirimkan perwakilan siswanya untuk mengikuti kompetisi ini. Hal itu demi meningkatkan pola pikir serta kemampuan siswa mengenai dunia teknologi IT yang saat ini sudah tidak asing lagi,” jelas Rudi.

Kompetisi tersebut akan dimulai tanggal 7 Oktober 2013 dan berlangsung sampai dengan 13 Oktober 2013, di Margocity Mall, Depok. Dalam kompetisi ini akan diisi acara hiburan yang ditampilkan oleh siswa dari tiap perwakilan sekolah yang mengikuti lomba. Siswa tersebut bebas menampilkan apa saja yang dikuasainya seperti bermain band, menari, atau menyanyi.

Rudi menambahkan, pada lomba E-Magazine tema yang diangkat berdasarkan tiga konten dan beberapa artikel. “Tema untuk lomba E-Magazine sudah kami tentukan yaitu mengenai intel inside selaku sponsor dalam kegiatan ini, mengenai masalah dalam lingkup kelurahan sekitar sekolah yang bersangkutan, dan membahas terkait masalah dalam lingkungan sekolah. Siswa harus membuat minimal 15 artikel dan maksimal 20 artikel. Selain itu, konten mengandung gambar sekitar 70 persen dan teks 30 persen,” ujar ketua Depok Cyber Community ini.

Komunitas ini sudah menyiapkan hadiah untuk siswa yang memenangkan lomba. Untuk juara pertama akan diberikan Samsung Tab 7 inci, juara kedua diberikan Lenovo Tab 7 inci, dan juara ketiga akan diberikan Smartphone Lenovo 5 inci.

Pengusaha komputer ini berharap dengan adanya beberapa kompetisi mampu menjadikan siswa SMP, SMA, dan SMK di Depok dapat memiliki kemampuan lebih dibidang IT. “Saya berharap pengetahuan mengenai teknologi IT dapat dikuasai oleh para siswa. Sebetulnya dengan menguasai IT, maka dengan sendirinya akan terbuka cakrawala di bidang yang lain. Selain itu masa depan siswa akan lebih baik,” tambah Rudi Malau.

Sementara itu, Tatik Yuliawati selaku anggota Depok Cyber Community memberikan dukungan kepada siswa yang nantinya akan mengikuti lomba.

“Terima kasih untuk semua yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Tetap semangat dan terus berkarya di bidang teknologi IT. Semoga kalian dapat mengikuti lomba dengan baik dan memperoleh hasil serta juara yang diinginkan,” ujar Tatik menyemangati para peserta.

Daftar Ketentuan Kompetisi TIK Selengkapnya:

1. Kategori Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Pertandingan Power Point dan Presentasi, ketentuannya yaitu setiap sekolah membuat 10 sampai dengan 15 slide. Dalam slide membahas mengenai kecamatan yang ada pada masing-masing sekolah.

2. Kategori Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)
Pertandingan membuat E-Magazine, ketentuannya setiap SMA di wilayah Depok dapat memberikan dan mengirim E-Magazine yang berisikan data dan kegiatan pada masing-masing sekolah dan juga kegiatan di lingkungan Pemerintahan Depok dengan jumlah lembar yg harus di serahkan kepada panitia kurang lebih 5 sampai 7 lembar ukuran A4.

3. Kategori Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Pertandingan rakit cepat Personal Computer (PC), ketentuannya setiap SMK di wilayah Depok dapat mengirimkan 2 (dua) siswanya untuk dapat bertanding dengan siswa SMK lainya dan akan dinilai dalam merakit cepat PC termaksud juga OS yg berbasiskan open source (Linux Versi 15).

Ketentuan yang ada harus diperhatikan oleh siswa peserta lomba.

No comments:

Post a Comment