Monday, September 23, 2013

"Ciptakan Rasa Aman Lewat Patroli Sambang"

Dewasa ini keamanan warga khususnya di wilayah Depok semakin mengkhawatirkan, apalagi pasca tragedi penembakan anggota polisi di daerah Tapos. Hal itu menimbulkan kegelisahan dan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

Guna meminimalisir rasa was-was itu Brimob Kelapa dua menggelar silaturahmi sekaligus sosialisasi pelaksanaan patroli  sambang Detasemen D Satuan III Pelopor dengan warga sekitar kesatrian Kelapa dua, Minggu (22/9/13).

Mengambil tempat di gedung Mako Brimob Detasemen D, acara silaturahmi berbalut sosialisasi patrol sambang itu dihadiri oleh stakeholder masyarakat dari Kelurahan Tugu dan Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) di Kecamatan Cimanggis.

Nampak hadir dalam kesempatan itu Wakil Komandan Batalyon AKP Kadek, Kasat III Pelopor Kombes Budi Setyo, Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Tugu dan Kelurahan PGS,  Danki se-resimen III Brimob, Lurah Tugu Suryana Yusup, karang taruna, FBR serta perwakilan RT dan RW di Kelurahan Tugu dan Kelurahan PGS.

Dalam Kesempatan itu AKP Kadek kembali menegaskan akan melaksanakan patrol sambang khususnya di dua Kelurahan yang notabene berada di sekitar Mako Brimob Kelapa Dua yakni Kelurahan Tugu dan Kelurahan PGS. Patroli sambang sendiri adalah patroli keamanan sekaligus menyambangi warga. Hal tersebut, kata dia merupakan bentuk peningkatan keamanan sekaligus meleburkan diri dengan masyarakat.

“Diharapkan patroli ini selain meningkatkan rasa aman di masyarakat. Selain ada kontrol keamanan juga muncul rasa nyaman karena anggota kami ada di tenagh-tengah mereka,” ujar Kadek.

Sementara itu, Kombes Budi Setyo menambahkan pelaksanaan dari kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi warga. Merujuk manfaat tersebut, dia berharap agar dalam pelaksanaannya, warga serta elemen masyarakat yang ada di wilayah Kelurahan Tugu dan PGS dapat menerima anggotanya dengan tangan terbuka. Agar tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kesempatan ini juga merupakan ajang perkenalan bagi anggota kami yang akan turun ke lapangan. Mohon dibantu agar lancar dan tidak menemui hambatan di masyarakat,” kata Budi  dalam sambutannya.

Pada pertemuan itu juga dibahas rute patroli yang akan disambangi oleh petugas. Untuk Kelurahan PGS, rute yang akan ditempuh dimulai dari Jalan Hankam menuju Jalan Rumbut hingga ke Jalan Bhakti. Sedangkan untuk Kelurahan Tugu, petugas akan memulai patroli  dari Jalan RTM menuju Jalan Tugu Raya dan berakhir di Jalan Menpor.

Suryana Yusup menyambut baik kegiatan patrol  sambang tersebut. Dia berharap dengan adanya patroli  semacam ini rasa aman dan nyaman dapat dirasakan oleh warga. Dirinya juga mengaku telah berkomunikasi dengan para ketua lingkungan, pada prinsipnya mereka setuju. Demi meningkatkan keamanan, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai orang yang tidak dikenal.

“Mudah-mudahan manfaat dari patroli ini bisa dirasakan masyarakat sehingga rasa aman pun tercipta,” singkatnya.

No comments:

Post a Comment