Thursday, September 19, 2013

"2 Kolam Penampungan TPA Cipayung Overload"

Dua dari tiga kolam Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok yang berfungsi untuk menampung sampah kini dalam kondisi penuh.
Sehingga hanya satu kolam saja yang saat ini dapat dimanfaatkan untuk menampung sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Dua kolam penampungan yakni kolam A dan C saat ini sudah tidak dapat digunakan sama sekali karena sampah sudah penuh,” ujar Kepala UPT TPA Cipayung Iyay Gumilar, Rabu (18/09/2013).

Iyay menambahkan, saat ini pihaknya hanya mampu menggunakan kolam B. Padahal setiap hari kolam-kolam tersebut harus menampung sampah sebanyak kurang lebih 1.500 kubik atau setara 350 ton.

“Kolam A luasnya mencapai kurang lebih 2,1 hektar dengan kedalaman 12 meter dan tinggi mencapai 10 meter. Sedangkan kolam C luasnya mencapai 6 ribu meter dengan kedalaman 12 meter dan tingginya saat ini telah mencapai 15 meter,” paparnya.

Sedangkan, kolam B yang saat ini masih difungsikan untuk menampung sampah. Iyay menyebutkan, luas kolam B hanya 2,4 hektar dengan kedalaman dan ketinggian hamper sama dengan kolam A.

“Memang, perluasan TPA sangat kami butuhkan saat ini mengingat sampah yang masuk setiap hari nya semakin bertambah. Kami tidak mempersoalkan mau ke a rah mana, namun yang jelas memang sudah saatnya diperluas,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasubag TU UPT TPA Cipayung, Agung. Ia menjelaskan perluasan TPA saat ini memang dirasa sudah sangat mendesak mengingat dua kolam peampungan yang ada tak dapat difungsikan.

“Idealnya luas TPA untuk skala perkotaan mencapai 20-30 hektar, saat ini TPA Cipayung luasnya hanya 11,2 hektar. Karena sampah yang masuk bukan dari rumah tangga saja, melainkan sampah pasar yang ada di Depok dan beberapa sampah kali dibuang kesini,” tandasnya.


No comments:

Post a Comment